Menjadi Seorang Master Chef



Dunia kuliner adalah bidang usaha makanan dan minuman mulai dari makanan lokal sampai mancangara, dari kaki lima sampai hotel berbintang, dan semuanya mempunyai karakter serta citra rasa yang bervariasi. Cita rasa dari sebuah makanan diciptakan oleh Chef. Merekalah yang membuat makan menjadi enak atau bahkan tidak enak.


Saat ini, profesi Chef sudah menjadi pilihan terbaik karena dunia kuliner atau food and beverage karena bidang ini memang tidak akan pernah mati walaupun ditempa dengan isu krisis ekonomi. Selain itu juga sudah banyak acara televisi yang menayangkan program masak – memasak dan rating-nya pun sangat digemari oleh penonton televisi, hal ini merupakan angin segar bagi pelaku bisnis kuliner dan tentu saja para Chef Indonesia.


Tertarik menjadi seorang Chef? Jika Anda cinta dunia kuliner mungkin profesi Chef adalah pilihan terbaik untuk Anda, di bawah ini tips dan fakta untuk profesi chef;


Kerja Keras dan Disiplin
Seorang Chef ibarat seperti seorang seniman. Seorang Chef mengangap dapur bagaikan sebuah laboratorium, di mana Chef dapat mengeluarkan ide - ide cermelang dan bereksperimen. Ada hasil eksperimen yang berhasil mengugah selera makan dan ditampilkan di menu, tetapi tak sedikit pula yang mengalami kegagalan. Trial and error inilah yang dilakukan oleh seorang Chef , oleh sebab itu sikap dan mental menjadi hal penting yang mendasar. Kerja keras dan disiplin itu sudah pasti. Mulai dari bangun pagi sampai melakukan segala sesuatunya sendiri di dapur.


Proses Menjadi Seorang Chef
Jangan heran jika ingin menjadi profesional Chef mesti mengenyam proses pendidikan yang lama paling tidak sekitar 10 -15 tahun. Pada umumnya setiap Chef mulai berkarir dari training sampai menjadi profesional memerlukan banyak waktu untuk mempelajari menu, teknik memasak, costing, managing, dan seluruh ruang lingkup kerja Chef lainnya.


Waktu Kerja
Chef juga memiliki rutinitas yang padat dan jam kerja yang berbeda dengan jam kerja kantoran. Terkadang pada hari - hari libur mereka harus bekerja, karena pada hari-hari libur orang-orang justru sering bersantap di restoran.


Sisi lain SeorangChef
Seiring dengan perkembangan jaman dengan modernitas serta gaya hidup, seorang Chef tidak hanya pandai membuat makanan yang lezat dan memasak saja, namun keuntungan menjadi seorang Chef Bisa juga sebagai ahli nutrisi, ahli costing makanan, konsultan resto, kritikus atau pemerhati fashion makanan di media cetak, radio, dan juga TV.


Bagaimana masih tertarik menjadi seorang Chef ?

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan jika ada pertanyaan dan beri tanggapan anda dengan berkomentar disini ...