Pengaruh Nominasi Komodo Terhadap Lahan Pekerjaan


Berpengaruhkah Penobatan Nominasi Komodo Terhadap Lahan Pekerjaan?



Seperti yang kita ketahui, hewan langka khas Indonesia yang dijuluki “Naga Terakhir” oleh dunia internasional ini memang sedang hangat dibicarakan oleh khalayak. Apalagi kalau bukan posisinya sebagai salah satu nominasi New 7 Wonders. Meskipun kabarnya ajang ini banyak menuai kritik karena manajemen yang tidak transparan, promosi pulau komodo sebagai the new 7 wonders terus dijalankan. Lalu, apa dampaknya terhadap peningkatan taraf hidup bagi masyarakat di sana?


Dari segi bisnis, penobatan komodo sebagai nominasi new 7 wonders akan menjadi promosi tersendiri. Promosi yang lebih tentunya akan menghasilkan wisatawan dan investor asing yang lebih pula. Bukan hanya komodo saja, seluruh kekayaan budaya dan alam di pulau komodo juga akan terkuak. Artinya dari segi pariwisata tentu akan ada banyak lahan usaha baru yang terbentuk.


Apa Pengaruhnya?
Ini tentunya bisa menjadi angin segar bagi para pengangguran di sana. Selain dapat menyerap tenaga kerja, usaha pariwisata juga dapat meningkatkan taraf hidup warga pulau komodo. Ya, seperti yang kita tahu, mayoritas penduduk pulau tersebut hanya bekerja sebagai petani dan nelayan. Adapun pekerjaan menjadi tour guide bagi turis asing yang hendak melihat komodo jumlahnya terbatas dan kurang berkembang karena tidak terlalu banyaknya turis yang hadir.


Namun diluar itu tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan kemudian, seperti fasilitas penunjang, peningkatan kualitas kerja SDM, dan yang terpenting adalah bagaimana kelestarian komodo itu sendiri sebagai warisan dunia tetap terjaga.

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan jika ada pertanyaan dan beri tanggapan anda dengan berkomentar disini ...