Profesi Musik Director


Mengenal Profesi : Musik Director

Dilihat dari namanya, sudah pasti profesi ini berhubungan langsung dengan musik. Ya, profesi ini memang salah satu profesi yang menentukan sebuah karakter sebuah radio dan bersentuhan langsung dengan musik. Seperti apakah kerjanya?


Pernahkah Anda mengamati tiap-tiap lagu yang Anda dengar di radio kesayangan Anda? Apakah Anda merasakan feel dari tiap lagu yang dimainkan? Music Director adalah aktor dibalik itu semua. Dialah yang mengatur semua bentuk playlist yang ditampilkan oleh sebuah radio. Music Director juga yang berhak menentukan layak atau tidaknya sebuah lagu diputar di radio tersebut.


Apa Yang Menjadi Pertimbangan Seorang Music Director Dalam Menentukan Lagu?
Setiap pekerjaan pasti memiliki standar, begitu pula dengan Music Director. Dalam menentukan lagu mana yang cocok, Music Director perlu menyesuaikan playlist lagu yang akan diputar dengan suasana yang ada. Playlist saat siaran pagi hari tentu berbeda dengan saat siaran siang atau malam. Hal itu dikarenakan tingkat psikologis pendengar yang berbeda.


Jenis dan karakter sebuah radio juga turut mempengaruhi cara kerja seorang Musik Director. Radio hits maker atau radio pembentuk trend yang memutar lagu-lagu baru, biasanya memiliki banyak pilihan dalam menyusun playlist. Berbeda dengan radio top 40, yang hanya memutarkan 40 lagu hits perhari.


Apa Syarat Menjadi Seorang Musik Director?
Karena beban dan tanggung jawabnya yang cukup tinggi, tentu syarat untuk menjadi Music Director tidak sembarangan. Syarat yang terutama pastinya harus memahami musik. Itulah kenapa kebanyakan Musik Director memiliki latar belakang musik misalnya pemain band, penyanyi, atau pengamat musik. Semoga bermanfaat dan mendapatkan inspirasi dalam bekerja, ikuti terus tiap artikel yang ada di situs Dunia Kerja ini, agar anda sukses dalam dunia kerja.

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan jika ada pertanyaan dan beri tanggapan anda dengan berkomentar disini ...