Self Esteem dalam Berkarir


Meningkatkan Self Esteem dalam Berkarir
Dalam berkarir dan menjalani rotasi kehidupan sering kali kita mendengar kata self esteem , yaa self esteem sangat mempengaruhi akan kesuksesan seseorang. Bagaimana kita sebagai profesional memandang self estem pada diri kita? Mungkin bagi sebagian kaum awam masih belum mengerti akan fungsi self esteem dan pengertian self esteem.


Self esteem merupakan penilaian seseorang terhadap dirinya sendiri, baik berupa penilaian negatif maupun penilaian positif yang akhirnya menghasilkan perasaan yang membawa kepercayaan diri dalam mejalani kehidupan.


Tentu saja dalam diri kita memiliki self esteem yang positif. Dan dalam karir, hal demikian akan sangat membantu. Sebab dengan memandang diri secara positif, kita akan semakin percaya diri. Itulah karenanya kita harus berupaya meningkatkan self-esteem. Tentunya dengan tetap memproposional sehingga tidak terkena seindrom over confidence yang justru malah sering merugikan diri kita.


5 tips dalam meningkatkan self esteem:


Buat daftar point nilai–nilai positif pada diri kita
Karena melalui nilai – nilai positif yang kita punya dapat membangun kepercayaan diri dan membuat semangat hidup. Buatlah keyakinan “saya bisa” karena akan membuat kita fokus pada kekuatan yang kita miliki. Hal ini sebagai modal kita untuk melangkah lebih maju.


Jangan selalu dengarkan orang
Jangan pernah ambil pusing akan omongan orang tentang diri kita yang tidak konstrutif, kecuali memberikan input yang membangun diri kita lebih baik, tidak semua orang mengenal dan mengerti akan kepribadian kita.


Bersyukur
Ingat pepatah Attitude of Gratitude .Bersyukur merupakan cara yang sangat sederhana tapi pemaknaannya sangat dalam. Yaitu mensyukuri hal yang kita punya dengan apa yang kita miliki sekarang contoh simpelnya kehangatan keluarga, karena dengan bersyukur kita akan merasa orang yang paling beruntung di dunia ini.


Lihat apa yang kita senangi
Buat daftar apa yang ingin kita capai dan apa yang ingin kita lakukan. Tancapkan nilai – nilai keberanian dan keyakinan bahwa dengan kemampuan yang kita miliki, kita bisa meraih itu semua.


Berteman dengan orang optimistis
Support diri kita dengan orang-orang yang punya sikap otimis dan sikap positif dalam kehidupan. Berteman dan bergaul dengan mereka akan mendatangkan sikap serupa sehingga self-esteem kita pun meningkat.


Dengan self esteem dapat meningkatkan, nilai –nilai optimis dalam diri kita dan membawa dampak akan berkembangan point–point yang positif dalam kehidupan.

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan jika ada pertanyaan dan beri tanggapan anda dengan berkomentar disini ...