5 Kiat Bekerja Produktif



apa tak ingin lebih produktif lagi dalam bekerja? Tentu semua orang ingin bisa bekerja seproduktif mungkin. Berikut ini adalah 5 kiat untuk menjadikan waktu kerja Anda lebih produktif.

 
1. Blokir semua situs yang bisa mendistraksi konsentrasi
Pada browser internet seperti Firefox terdapat add-on yang dapat memblokir halaman situs tertentu yang kita kehendaki. Bahkan kita dapat mengatur hari apa dan kapan saja situs tersebut tidak bisa kita akses. Mungkin Anda tidak menyadarinya, tapi tindakan kita seperti masuk ke situs Facebook atau Twitter sudah menjadi perilaku otomatis yang kita lakukan setiap hari. Sayangnya, situs media sosial seperti itu mudah mengalihkan perhatian kita dari apa yang seharusnya kita kerjakan. 


2. Tidur sejenak di sela waktu kerja itu berguna
Ketika tubuh kita merasa capek, otomatis kita tidak akan bisa bekerja maksimal. Kita pun rentan membuat kesalahan kala otak kita lelah. Tidur beberapa menit di kantor sebelum kembali bekerja terbukti dapat menyegarkan kembali otak Anda. Kerja pun kembali produktif. 


3. Gunakan waktu cuti Anda dan berliburlah
Percayalah, segala hal yang berlebihan itu tidaklah baik. Bekerja terlalu keras pun dapat menyebabkan Anda merasa lelah baik fisik dan mental. Mungkin saat Anda merasa bosan dan lelah adalah saat yang tepat untuk beristirahat sejenak. Pergilah berlibur atau sekadar menyenangkan diri sendiri dengan aktivitas baru dan menyenangkan. Tubuh Anda tak hanya akan kembali segar dan bersemangat, otak pun siap kembali bertempur menghadapi tumpukan pekerjaan di kantor. 


4. Catat semua hal terkait tugas yang Anda kerjakan
Simpanlah buku catatan kecil yang memuat segala hal yang harus Anda kerjakan dan juga semua tugas yang telah terselesaikan. Selain memudahkan Anda dalam bekerja, kebiasaan mencatat bisa menjadi bukti konkret saat bos Anda memberi perintah yang berbeda dengan yang sudah diperintahkannya sebelumnya. 


5. Kenali jam biologis Anda dalam bekerja
Setiap orang punya jam produktif yang berbeda-beda. Ada yang lebih senang dan produktif bila bekerja di pagi hingga sore hari, tetapi ada pula orang yang lebih produktif bekerja di sore dan malam hari. Kerjakan tugas yang Anda anggap sulit di waktu produktif Anda dan selesaikan sisa tugas yang mudah di jam-jam lain.

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan jika ada pertanyaan dan beri tanggapan anda dengan berkomentar disini ...