Tips Kerja Tanpa Stress

Dalam menghadapi tekanan di dunia kerja, stres adalah hal lumrah yang dialami oleh semua orang. Cobalah melakukan hal-hal berikut untuk menghindari stres, sehingga kinerja pun makin memuaskan.

Tanpa disadari kita menghabiskan waktu terbanyak di dunia kerja. Bagi para pekerja kantoran, selama lima hari dalam seminggu, setiap harinya 8 – 9 jam, dihabiskan di kantor. Maka, sanagat alami bila semua pekerja kantor pernah mengalami stress dalam menghadapi tugas‐tugas yang menumpuk dan harus segera diselesaikan. Bahkan, bisa dibilang stres adalah kondisi rutin yang tidak bisa dihindari. Khususnya bila deadline menjelang. Fakta yang ditemukan dalam penelitian yang selalu sama adalah stres di kantor selalu disebabkan oleh hal‐hal yang sama, yaitu manajemen waktu, deadline, dan menghadapi rekan kerja yang tidak menyenangkan. Untungnya, ada beberapa tindakan yang dapat kita lakukan untuk mengurangi kadar stres yang dihadapi saat bekerja.

Perhatikan makanan Anda
Kecenderungan yang dilakukan seseorang yang berada dalam tekanan adalah makan. Salah satu cara untuk mengurangi stres adalah melakukan hal yang sebaliknya, yaitu hindari mengonsumsi makanan kecil yang tidak sehat., bila Anda memakan makanan yang sehat, Anda akan mendapatkan energi tambahan, sehingga tugas yang ada di meja dapat diselesaikan tanpa banyak mengeluh.

Rutin berolahraga
Mungkin Anda termasuk orang yang memiliki segudang alasan untuk berolahraga. Mulai dari sibuk, tidak punya waktu, sampai terlalu lelah. Padahal, olahraga adalah cara yang sangat ampuh untuk mengusir stres. Jangan lagi beralasan tidak memiliki waktu yang cukup untuk berolahraga karena pekerjaan yang menumpuk. Luangkan waktu 10 menit untuk berjalan kaki di sela‐sela bekerja, walaupun rute yang bisa Anda ambil hanyalah berkeliling gedung atau bahkan hanyak bolak‐balik dari pantry ke meja kerja Anda. Berjalan kaki dapat membuat peredaran darah lancar dan memberikan kesempatan otak Anda beristirahat.

Kurangi mengonsumsi kafein
Mungkin Anda tidak tahu, minum bercangkir-cangkir kopi dan diselingi minuman bersoda yang
menurut Anda menyegarkan, malah akan meningkatkan kadar stres. Coba kurangi frekuensi Anda minum kopi, atau bila memungkinkan, hapus kopi dalam daftar minuman Anda di kantor. Gantilah dengan makan atau minuman yang lebih menyehatkan seperti jus buah dan salad.

Lakukan peregangan tubuh
Dengan rutin meregangkan tubuh, minimal satu jam sekali, dapat mengendurkan otot‐otot Anda yang
kaku karena seharian berada di belakang meja dan memandang layar komputer. Membiarkan otot kaku dan kejang dapat membuat Anda tidak nyaman bekerja dan otomatis tekanan stres pun meningkat.

Membuat perencanaan
Bangunlah 15 lebih awal dari biasanya, setiap pagi. Sebaiknya Anda sudah menyiapkan baju yang hendak dipakai bekerja sejak kemarin malam. Siapkan makan siang dari rumah. Hal‐hal tersebut dapat membantu Anda menciptakan rutinitas dan membuat Anda lebih terorganisir. Lebih baik lagi bila Anda sudah menulis hal‐hal apa saja yang akan Anda kerjakan hari itu, dengan membuat daftar berdasarkan skala prioritas.

Mengambil napas dalam‐dalam

Saat Anda stres, tanpa disadari Anda bernapas dengan lebih lambat dan berat, sebagai dampak beban pikiran yang menumpuk. Cobalah menarik napas panjang dari hidung sambil menghitung sampai hitungan ke‐4 dalam hati, lalu keluarkan perlahan‐lahan sampai hitungan ke‐8. Tindakan ini dapat membantu mengeluarkan toksin dengan pernapasan. Fokuskan pada hitungan saat bernapas.

Tidur malam yang berkualitas
Pastikan Anda memiliki tidur malam yang berkualitas. Merasa tidak cukup istirahat sangat mempengaruhi kadar stres dan dapat membuat Anda merasa semakin tertekan.

Lakukan hal yang Anda suka
Cobalah melakukan hal‐hal yang Anda sukai setiap hari, yang dapat membuat Anda mengalihkan perhatian dari pekerjaan. Jika tidak sempat, Anda bisa melakukan hobi Anda pada akhir minggu.
Dengan meluangkan waktu untuk membuat hidup Anda lebih teratur dan memperhatikan keinginan
diri sendiri, Anda bisa mulai mengontrol hidup dan melewati hari dengan perasaan senang.

Jangan suka membuang‐buang waktu
Buatlah daftar kegiatan yang mencegah Anda membuang waktu untuk memikirkan hal apa yang
harus dilakukan, dan tingkatkan produktivitas Anda. Ada banyak kegiatan yang tidak Anda sadari
merupakan kegiatan yang membuang waktu Anda, antara lain berbicara terlalu lama di telepon,
memilih menonton televisi sampai larut malam lalu bangun kesiangan.

Bersyukur
Apa pun yang sedang Anda hadapi di kantor, bila memang membuat Anda stres – atasan yang selalu
marah, tugas yang menumpuk, rekan kerja yang menyebalkan, semua bisa diatasi dengan bersyukur.
Anda harus tetap bersyukur karena masih memiliki kesempatan untuk bekerja, di saat masih banyak orang yang tidak memiliki pekerjaan.

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan jika ada pertanyaan dan beri tanggapan anda dengan berkomentar disini ...